Wisata Air Terjun Oehala

Wisata Air Terjun Oehala

Wisata Air Terjun Oehala – Kupang dan Pulau Timor yang sejauh ini populer akan panas dan mataharinya yang panas.

Rupanya mempunyai oase yaitu keelokan air terjunnya yang mengundang beberapa wisatawan untuk mendatanginya.

Air Tagepe, Representasi Dari Daya tarik Air Terjun Oehala

Memiliki jarak seputar 13 km yakni 10 km dari jalan besar khusus dan 3 km masuk di dalam dari Kota So’E, Ibu-kota Kabupaten Timor tengah Selatan (TTS) ada sebuah air terjun yang keelokannya mulai jadi omongan di kelompok beberapa orang berjalan.

Baca Juga: Wisatawan Lokal Sampai Rekreasi Alam

Air Terjun Oehala, sebagai tujuan yang wajib didatangi jika sedang mendalami Pulau Timor dan kota kecil So’E lebih persisnya.

Terletak ada di Dusun Oehala, Kota So’E, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten TTS, Nusa Tengara Timur. Saluran air Air Terjun Oehala ini berawal dari Gunung Mutis, jadi tidak disangsikan kembali kesegaran dan kejernihan airnya yang dari air pegunungan itu.

Bisa dibuktikan dari airnya merasa masih natural serta bersih dengan berwarna yang hijau kebiru-biruan. Air Terjun Oehala kerap dikenali dengan panggilan Air Terjun 7 Tingkat, karena air terjun ini memiliki 7 jenjang air terjun yang selanjutnya bersumber di Samudera Hindia.

Walau mempunyai debet air yang lumayan besar, tetapi kedalaman kolam air alaminya tidak begitu dalam hingga pengunjung bisa nikmati tiap jenjang kolam alaminya dengan sekadar berfoto riang, berenang atau bermain air. Dikitari oleh rindangnya pohon-pohon hijau yang membubung tinggi dan terletak yang berada di tengah rimba, membuat situasi di teritori air terjun ini makin asri dan sejuk.

Air Tagepe, demikianlah orang umumnya menyebutkan sebuah rekreasi yang ada Timor tengah Selatan Itu. Walau ada pula yang mengatakan bernama Tebing Tagepe.

Air Tagepe ialah saluran air yang paling eksotis, bersih, warna hijau toska, mengucur cantik lewat tebing batu yang tinggi.

Kisah simpel mengenai Air Tagepe seperti sebuah sarana river tubing dalam suatu waterpark. Namun Air Tagepe ada di alam bebas, alami, dan belum didukung oleh kelengkapan sarana.

Harus dipahami jika, rerata rekreasi yang berada di Indonesia Timur, walau belum mempunyai sarana pendukung yang lengkap, namun tetap mempunyai daya tarik yang mengagumkan untuk mendatangkan beberapa pelancong.

Riwayat Pemberian nama Air Tagepe

Istilah kalimat “apalah makna sebuah nama” dalam dunia rekreasi belum pasti berlaku. Pemberian nama sebuah tempat wisata menjadi gamabaran, atau mengarah ke banyak hal. Misalnya :

  • Legenda
  • Mistis
  • Riwayat
  • Nama posisi dari tempat wisata itu
  • Wujud, dan watak tempat wisata

Dan riwayat pemberian nama Air Tagepe merujuk ke status airnya yang dihimpit oleh dua tebing batu yang tingggi, di ke dua seginya.

Tagepe sendiri mempunyai arti “terjepit, atau tertekan”. Kata Tagepe sendiri sebagai bahasa Melayu Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Daya Wisata Air Terjun Oehala, Noinbila

Posisi Air Tagepe Noinbila ada di Kabupaten Timor tengah Selatan, propinsi Nusa Tenggara Timur, dengan sebagian besar keadaan cuacanya benar-benar panas.

Tetapi, saat kaki beberapa pengunjung mulai masuk di dalam kolam Air Tagepe, maka berasa dingin sekali. Sudah pasti, hal itu jadi daya magnet yang pertama dari tempat wisata Air Tagepe Noinbila.

Disamping itu, rekreasi Air Tagepe, atau Tebing Tagepe pas sebagai tujuan rekreasi keluarga, dan rekreasi alam yang berharga mendidik.

Namun, karena kedalaman Air Tagepe tidak rata, karena itu beberapa pengunjung yang bawa beberapa anak, tetap harus konsentrasi pada faktor keselamatan, dan cukup bermain air di posisi yang tidak dalam.

Berlainan hal dengan pengunjung yang telah dewasa (bukan bermakna meremehkan faktor keamanan), dapat lakukan perjalanan telusuri tebing batu, sekalian berjalan di tengah-tengah saluran Air Tagepe.

Lebar tebing Air Tagepe sekitar dari 1 sampai 4 mtr.. Adapun titik kedalamannya dapat mencapa 1,70 mtr.. Posisi yang dalam cuman di titik – titik tertentu saja.

Air Tagepe tidak pernah merasakan kekeringan sejauh tahunnya. Karena sumber mata air dari Air Tagepe berawal dari Air terjun Oehala.

Wisata Air Terjun Oehala Posisi Air Tagepe

Posisi dan alamat Air Tagepe ada di Dusun Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor tengah Selatan (TTS), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jalur Ke arah Air Tagepe

Akses untuk ke arah rekreasi Air Terjun Oehala ini lumayan gampang, pengunjung bisa sewa kendaraan/ memakai kendaraan individu dari Kupang atau dari So’E. Jika mengawali perjalanannya dari Kupang, karena itu tujukan kendaraan ke Kota So’E dalam jarak 110 km (lebih kurang 3 jam lama perjalanan) ke arah arah Kota Kapan ±10 km (±0,5 jam).

Atau untuk beberapa pelancong muda yang ingin mengirit biaya bisa memakai bis dengan arah Kupang – Kefamenanu/ Kupang – Atambua lalu meminta di turunkan di pertigaan yang ke arah Kota Kapan (±3,5 jam) selanjutnya diteruskan dengan naik ojek sampai ke posisi Air Terjun Oehala (± 45 menit).

Keadaan jalan di sejauh jalan ke arah teritori Oehala beraspal mulus, cuman beberapa titik aspal yang kelihatan berlubang tetapi tidak begitu menghalangi perjalanan.

Sesampai di tempat parkirkan posisi rekreasi, pengunjung akan disajikan barisan warung kecil yang menawarkan bermacam jenis minuman dan makanan enteng.

Tetapi dianjurkan untuk bawa/ beli bekal minuman atau makanan awalnya dari kota supaya harga lebih miring bila dibanding beli di warung yang ada di posisi rekreasi.

Seterusnya untuk ke arah spot khusus Air Terjun Oehala, pengunjung harus mempersiapkan sedikit tenaga extra dan penuh berhati-hati karena pasalnya ada 132 anakan tangga berliku yang perlu dituruni awalnya.

Lebih kurang 10 menit berjalan kaki lama waktunya menuruni anakan tangga, pengunjung akan disongsong oleh daya tarik cantiknya air terjun 7 bertingkat ini.

Akses jalan ke arah Air Tagepe dari Kota Soe, dapat ambil arah ke arah Kapan. posisi Air Tagepe telah dekat. Cuman memiliki jarak 10 Km di samping utara Kota.

Adapun waktu pintas perjalanan seputar 30 menit saja. Dari posisi parkirkanan, beberapa pengunjung wajib melakukan sedikit trackking, menjejaki tangga yang telah teratur baik.

Jam Membuka Air Tagepe

Jam operkanasional tempat wisata Air Tagepe Noinbila :

  • Air Tagepe membuka sepanjang 24 jam
  • Air Tagepe membuka tiap hari sepanjang satu minggu

Walaupun begitu tidka dianjurkan untuk tiba saat hari telah gelap. Karena posisi yang berisi batu-batuan besar dan tebing, dapat beresiko bila didatangi saat keadaan kurang penerangan.

Ticket Wisata Air Terjun Oehala

Untuk masuk objek rekreasi ini, beberapa pengunjung yang tiba dengan sepeda motor akan dikenai biaya masuk Rp 5000.

Sedang untuk anda yang mengemudikan mobil, akan dikenai biaya masuk 10.000 oleh warga seputar yang jaga objek rekreasi ini.

Sarana Air Tagepe

Sarana di Seputar Posisi

Tetapi sayang sarana yang ada di teritori ini terihat kurang terurus dan terbangun. Cuman ada banyak lopo (tempat istirahat ciri khas Timor beratap daun jerami), beberapa toilet dan ruangan tukar seadanya saja.

Meski begitu, keelokan lanscape Air Terjun Oehala ini sukses tutupi semua kekurangannya. Sehingga membuat beberapa pengunjungnya kerasan lama-lama nikmati segarnya saluran airnya.

Untuk kalian beberapa pencinta rekreasi alam, Air Terjun Oehala harus masuk di dalam. Perincian arah rekreasi Anda saat berpetualang menelusuri alam Pulau Timor, NTT.

Sarana pendukung rekreasi di Air Tagepe termasuk masih mnim. Tetapi hal itu tidak kurangi keinginan lawatan beberapa pelancong.